Dry shave vs wet shave? Mana yang lebih baik bagi Anda?

Dry shave vs wet shave? Mana yang lebih baik?

Cukuran (shaving) adalah suatu hal yang dilakukan secara reguler bagi kamu yang suka berpenampilan rapi dan sangat penting kamu melakukannya dengan benar. Bagaimana cara melakukannya dengan benar? Apakah kebiasaan kamu cukuran sudah benar? Jawaban benar atau tidaknya, ada di kulit dan rambut wajahmu.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, perlu kamu ketahui bahwa rambutmu itu kuat – sekeras kabel tembaga. Tidak percaya? Coba raba rambut wajahmu dan kamu akan merasakan bahwa rambutmu tajam dan keras. Di sisi lain, kamu juga akan merasakan bahwa kulitmu itu halus dan memiliki tekstur lunak dan lembut seperti gel.

Lalu metode mana yang baik buat kamu ketika cukuran? Mencukur kering (dry shave) atau basah (wet shave)? Mari kita bahas satu per satu.

Dry Shave

Metode ini banyak dilakukan oleh pria karena cepat dan mudah. Tapi metode ini juga merupakan cara paling cepat mengalami permasalahan dalam mencukur, seperti razor bump, ingrown hair, iritasi, dan luka ruam.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Kembali ke penjelasan di awal, bahwa rambutmu keras dan kulitmu halus. Ketika mencukur kering, pisau cukur memberikan tekanan ke rambut yang keras dan menggesek permukaan kulitmu. Alhasil, tidak adanya proteksi akan membuat kulitmu dapat terluka dan rambut terpotong dengan tarikan yang keras.

Wet Shave


Metode ini adalah cara paling tradisional tetapi menghasilkan hasil cukuran terbaik dan terhalus. Ada empat hal yang perlu kamu ketahui kenapa wet shave baik bagi kulit dan rambut wajahmu:

  1. Melembutkan rambut dan kulit

Krim cukur akan membuat rambutmu yang keras menjadi lebih lunak saat dicukur dan melembabkan kulitmu. Ini membuat kamu lebih mudah mencukur dan tidak memerlukan tarikan yang keras untuk mendapatkan hasil yang baik dan halus.

  1. Lubrikasi bagi kulit

Krim cukur dapat memberikan proteksi sekaligus melicinkan kulit saat cukuran. Kulitmu akan memiliki bantalan saat bersentuhan dengan pisau cukur sehingga terhindar dari luka.

  1. Membuka jalan kamu mencukur

Kamu tidak akan lupa satu titik pun jika menggunakan krim cukur. Kamu akan ingat bagian mana yang sudah kamu cukur dan mana yang belum. Jadi, kamu tidak perlu mencukur berulang kali pada bagian tertentu dan tentunya ini baik bagi kulitmu karena tidak bersinggungan secara terus menerus dengan mata siletmu.

  1. Menyegarkan

Klise, tapi ini terbukti. Kulit wajahmu akan terasa lebih segar setelah menggunakan krim cukur dan diakhiri dengan after shave.

  1. Terhindar dari iritasi kulit

Produk after shave pada umumnya mengandung bahan antiseptik dan pelembab yang dapat membantu kulitmu terhindar dari infeksi akibat luka cukuran serta melembutkan kulitmu.

Masih ingin meneruskan kebiasaan kamu cukuran kering? Ya semua itu pilihanmu. Tapi tentunya kamu ingin mendapatkan yang terbaik bagi dirimu sendiri bukan?

Nikmati pengalaman mencukur dengan kenyamanan terbaik tanpa membayar terlalu mahal. Masuk ke laman bannershave.com dan mulai Shave Plan kamu sekarang.