Mana teknik cukuran terbaik: WTG vs ATG? — Banner's Magazine: Daybreak

Kamu membutuhkan lebih dari sekedar alat cukur bagus untuk mendapatkan hasil cukuran terbaik dan terhalus. Kita harus memahami tekniknya terlebih dahulu sebelum cukuran. Memahami arah tumbuhnya rambut wajahmu adalah kuncinya.

Ada dua istilah yang mungkin sering kamu dengar mengenai teknik cukuran: searah dengan tumbuhnya rambut (with the grain – WTG) dan berlawanan arah tumbuhnya rambut (against the grain – ATG). Dari kedua istilah teknik ini, teknik mana yang terbaik? Tidak bisa dipungkiri, ATG mencukur lebih halus tetapi berisiko lebih besar mengalami iritasi. Untuk itu, kamu harus mencukur dengan WTG terlebih dahulu.

Ikuti empat langkah berikut ini untuk mendapatkan teknik cukuran terbaik:

Petakan area wajahmu

Sebelum cukuran, raba permukaan kulitmu di area wajah dan leher dengan jari telunjukmu. Rasakan arah tumbuhnya rambut yang berada di area tersebut. Jika saat meraba kamu tidak merasakan adanya halangan, maka kamu sedang berada dalam WTG. Namun jika saat kamu meraba dan merasakan adanya rambut yang menusuk jarimu dan sedikit kasar, kamu sedang berada dalam ATG. Jika saat meraba tidak merasakan apa-apa (masih terasa halus), tunggu beberapa hari untuk cukuran.

Cukuran dengan WTG terlebih dahulu

Cukuran dengan ATG terlebih dahulu dapat membuat risiko kulitmu mengalami iritasi semakin besar. Hal ini dapat terjadi karena pada saat mencukur dengan ATG, kamu menarik rambut berlawanan dengan arah yang semestinya. Rambut wajahmu akan tertarik dengan tekanan yang lebih besar dari semestinya. Dengan WTG, kqmu akan lebih fokus untuk mengurangi volume rambut wajahmu terlebih dahulu tanpa menarik rambut berlawanan dengan arah tumbuh yang semestinya.

Cukuran dengan ATG, jika diperlukan

Jika kamu memiliki rambut wajah yang cukup tebal dan ingin mendapatkan hasil cukuran yang lebih halus, kamu perlu mencukur kembali dengan ATG setelah cukuran dengan WTG. Berikan tarikan pelan dan hati-hati saat cukuran dengan ATG. Rambut wajahmu akan lebih sedikit dan sel kulit mati terangkat jika sudah mencukur dengan WTG terlebih dahulu, jadi pisau cukurmu tidak akan menemui halangan saat mencukur.

Ingat, selalu gunakan krim cukur

Apa pun tekniknya, baik WTG atau ATG, pastikan kamu selalu menggunakan krim cukur. Sangat penting bagi kulitmu untuk mendapatkan proteksi agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan silet cukur. Selain itu, krim cukur bisa membantu untuk melembabkan kulit dan rambut wajahmu sehingga lebih mudah dicukur.

Nikmati pengalaman mencukur dengan kenyamanan terbaik tanpa membayar terlalu mahal. Masuk ke laman bannershave.com dan mulai Shave Plan kamu sekarang.